Email: Password:   Lupa Password?
Kamp Kelompok Tumbuh Bersama (KTB) 3D “Disciple, Desire, Dedication”

Kamp Kelompok Tumbuh Bersama (KTB) Mahasiswa

3-5 Februari 2017

3D Disciple, Desire, Dedication


Panggilan untuk menjadi garam dan terang ditengah dunia hanya akan terwujud jika mahasiswa-mahasiswa Kristen memiliki karakter Kristus dalam hidup mereka. Dalam buku pemuridan dinamis membangun bangsa menyatakan bahwa “Ada tiga panggilan Yesus kepada orang-orang yang kemudian ditetapkan menjadi murid-Nya. Pertama, mereka dipanggil kepadaNya (called to Him) untuk beriman kepada Yesus yang memberi keselamatan. Kedua, orang-orang percaya itu dipanggil untuk menyertai Dia (called to be with Him) untuk menjalani sebuah proses pembentukan demi pertumbuhan iman, karakter, nilai, pola pikir dan mental dalam sebuah pemuridan agar menjadi serupa dengan Kristus. Ketiga, Yesus mengutus para murid (called for Him) untuk pergi keladang misi yang disertai dengan pemberian kuasa untuk mengusir setan setelah melalui proses pemuridan. Ketika dengan sungguh-sungguh memaknai ketiga panggilan Yesus tersebut, maka dengan sendirinya akan hadir mahasiswa-mahasiswa yang akan mewujudkan pangilan untuk menjadi garam dan terang ditengah dunia ini.

            Pemuridan adalah suatu proses belajar berjalan mengikut Yesus, yang menuntut ketaatan total dan penyangkalan diri. Buah dari proses ini akan menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas dan akan menjadi berkat di lingkungan kampus maupun saat mereka menjadi alumni. Berbagai bentuk keyakinan terhadap suatu kebenaran, kejujuran, berani mengambil suatu resiko dalam mengatasi kecurangan dan menghadapi tantangan-tantangan dalam dunia kerja akan muncul dari mahasiswa yang melalui proses pemuridan. Berdasarkan sejarah pelayanan mahasiswa untuk proses pemuridan, menunjukkan bahwa pemuridan berbasis kelompok kecil (KTB) terbukti sebagai strategi yang tepat dan efektif untuk membangun dasar-dasar kehidupan rohani mahasiswa.

            Pemuridan yang efektif dalam kelompok kecil membutuhkan komitmen dari semua pihak yang terlibat baik Allah,orang-orang yang dimuridkan maupun yang memuridkan.Karena proses ini, Allah dan manusia sama-sama bekerja. Komitmen dari orang yang memuridkan tidak berkaitan dengan metode yang digunakan, melainkan berkaitan dengan keteladanan hidup seorang pemimpin rohani sebagai murid Kristus, yang dibagikan seutuhnya kepada orang-orang yang dibimbing, sedemikian rupa sehingga mereka juga memiliki pertumbuhan yang memiliki kualitas sebagai murid Kristus. Totalitas menjadi pemimpin rohani adalah tuntutan utama dalam proses pemuridan ini. Komitmen untuk orang-orang yang dimuridkan yaitu respon untuk menjadi pelaku Firman Tuhan. Sedangkan Allah menyadari bahwa manusia memiliki keterbatasan untuk mengubah hidup sesorang, sehingga melalui Kristus, Allah telah terlebih dulu menyatakan komitmenNya bagi setiap orang yang berjuang untuk mewujudkan Amanat Agung-Nya. Ia menjanjikan kehadiran dan kuasa-Nya menyertai setiap orang yang sedang berjuang untuk memuridkan.

            Suatu kerinduan yang besar untuk pelayanan mahasiswa, yaitu dimana terjadinya multiplikasi. Mahasiswa yang telah dibina dan dibentuk dalam kelompok kecil dapat meneruskan misi-Nya yaitu memuridkan orang lain. Jadi pemuridan yang sesungguhnya bukan proses yang hanya berdampak sesaat, melainkan suatu proses yang membutuhkan kedinamisan. Kerinduan tersebut akan tergenapi jika setiap mahasiswa yang sudah berada dalam kelompok kecil atau AKK memiliki komitmen dan kesetiaan dalam mengikuti proses pemuridan ini. Selain itu perlu adanya pembinaan tindak lanjut yaitu pembinaan Calon Pemimpin Kelompok Kecil (CPKK), dimana pembinaan ini berfungsi untuk mempersiapkan dan menolong seorang murid untuk bertumbuh menjadi pembuat murid. Sehingga tanggung jawab besar ada bagi para Pemimpin Kelompok Kecil (PKK) dimana harus terus membimbing orang-orang yang dimuridkan agar bisa hidup dalam ketaatan total terhadap Firman Tuhan. Karena proses pemuridan berkaitan erat dengan teladan hidup orang yang memuridkan, sehingga setiap orang yang ingin dipakai Tuhan untuk menjadi penolong yang efektif dalam suatu proses pemuridan perlu terlebih dahulu dan terus menerus bertumbuh dalam ketaatan total terhadap FirmanTuhan.

            Berbagai tantangan dihadapi bagi pemuridan generasi saat ini, diantaranya kemajuan teknologi yang memusatkan fokus mahasiswa kepada gadget, mahasiswa yang memiliki kebebasan untuk mengatur dirinya sendiri, melakukan segala sesuatu yang didasari keinginan untuk mencoba, sehingga tidak memiliki komitmen menjadi tugas penting bagi setiap kita yang menganggap bahwa kegerakan ini adalah kegerakan yang mengerjakan misi Allah. Berbagai strategi diperlukan untuk merelevansikan proses pemuridan  dengan generasi saat ini. Selain itu salah satu tantangan yang menjadi hambatan bagi proses pemuridan berbasis kelompok kecil saat ini, yaitu kurangnya multiplikasi. Beberapa kelompok kecil masih dipegang oleh para alumni yang memiliki waktu terbatas untuk memuridkan. Selain itu, para pemimpin kelompok kecil juga kurang mentransferkan semangat pemuridan kepada orang-orang yang dimuridkannya. Sehingga salah satu cirri dari pelayanan mahasisawa yaitu “student  movement” perlahan mulai hilang. Tidak adanya keberanian untuk memimpin, kreativitas dan energi hanya teraplikasikan untuk sebuah kegiatan yang besar. Aktivitas dan kegiatan yang besar terkadang melupakan semangat pemuridan yang seharusnya menjadi inti dari semua kegerakan ini.

            Kamp Kelompok Tumbuh Bersama merupakan suatu kegiatan yang berfungsi untuk meneguhkan komitmen dan kesetiaan AKK dalam mengikuti proses pemuridan, membekali para CPKK. Selain itu, juga mengembalikan semangat pemuridan kepada setiap Pemimpin Kelompok Kecil, sehingga dapat kembali fokus untuk melahirkan murid Kristus yang setia dan dapat mentransferkan semngat pemuridan ini kepada orang-orang yang dimuridkan.

            Tema kamp KTB 2017 yang dicetuskan adalah “3D DISCIPLE, DESIRE, DEDICATION”. Harapan besar kami adalah setiap peserta dapat memahami identitas murid Kristus yang sesungguhnya, sehingga memiliki hasrat yang besar untuk memberikan diri mereka untuk hidup dalam ketaatan total terhadap firman Tuhan dan berjuang untuk melakukan misi-Nya didalam dunia ini.

 

PEMBICARA

 Dr. Iman Santoso : Pleno 1 dan Pleno 2, Eksposisi 3

Ev. Anggriadi Ricky M.Div : Eksposisi 1

Ev. Anthon Kathoba M.Div : Eksposisi 2

Akhung Berithel Ina, ST : Kapsel CPKK

Isanna Arissa, S.S : Kapsel PKK

Intha Alice Muskananfola,SE : Kapsel AKK

 

PELAKSANAAN

Waktu : 3-5 Februari 2017

Tempat : Villa Dharmaningsih, Pacet Mojokerto

 

PESERTA

  • AKK adalah anggota kelompok kecil yang sedang dimuridkan
  • CPKK adalah Calon mahasiswa yang sedang dipersiapkan untuk memimpin kelompok kecil
  • PKK adalah para mahasiswa yang sudah memimpin kelompok kecil.
  • Target   : 200 orang

 

 

 

 


Dibaca: 620 Kali
Kegiatan Terkait :
Kamp KTB Mahasiswa 2016 - Follow Me: Radical Calling
Kamp KTB Mahasiswa 2014 - TRANSFORMING DISCIPLESHIP
Kamp KTB Mahasiswa 2012 :THE COST OF DISCIPLESHIP
Kamp KTB Siswa
0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

| Find Us on Facebook  

LENGKAPI DATA ANDA

Pray and Proclaim - Penutupa...
Penutupan Bulan PI, Minggu, 14 Mei 2017, Pukul 13.00-16.00 WIB, tempat Ruper Perkantas Surabaya,Jl. Tenggilis Mejoyo KA 10 Surabaya "Pray and Proclaim" By. Akhung. Konfirmasi kehadiran hubungi :Evif...
Evangelism Training and Gath...
Evangelism Training and Gathering PKK-CPKK, 11 Maret 2016, Pukul 10.00-15.00 WIB &12 Maret 2016, Pukul 14.00-16.00 WIB di Tenggilis Mejoyo KA 10 Surabaya, Cp: Ria (0852 5080 0088)...
Kamp Kelompok Tumbuh Bersama...
Kamp Kelompok Tumbuh Bersama (KTB) Surabaya, 3-5 Februari 2017, Tempat Villa Dharmaningsih, Pacet Mojokerto, Pembicara Dr. Iman Santoso, Ev. Anggriadi Ricky M.Div, Ev. Anthon Kathoba M.Div, Akhung Ber...
Kamp KTB Mahasiswa 2016 - Fo...
Pemuridan dalam dunia mahasiswa dikerjakan dengan tujuan menghadirkan pribadi-pribadi yang mengenal, mengalami, dan mengandalkan Kristus dalam seluruh aspek hidupnya. Hal ini kelak akan memberikan pen...
Lihat Semua Kegiatan >>


1370016

Saat ini ada 41 tamu dan 0 online user