Email: Password:   Lupa Password?
Pemuridan Mahasiswa Bagi Transformasi Bangsa
oleh Berman N.C Silalahi: 10-09-2014, Dibaca: 1853kali

“Apa yang sudah saudara lakukan dan apa yang belum saudara lakukan sebagai bentuk dari peran dan kewajiban saudara sehubungan dengan ketaklukan kepada pemerintah?” Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang ada di dalam buku Pembinaan Dasar bab 12. Untuk pertanyaan ini, kakak KTB saya waktu kuliah dulu memberikan jawaban yang menarik. Dia menjawab bahwa dia sudah memuridkan mahasiswa yang menjadi serupa dengan Kristus melalui Kelompok Tumbuh Bersama (KTB). Jawabannya ini membuat saya bertanya, apa hubungannya Kelompok Tumbuh Bersama dengan peran dan kewajiban kepada pemerintah? Bukankah jawaban dari pertanyaan ini seharusnya berbunyi: ‘saya sudah membayar pajak’, ataupun ‘saya selalu mentaati peraturan lalu lintas’? Di dalam penjelasan yang diberikan, dia mengatakan bahwa ada hal lebih mendasar yang diperlukan oleh bangsa ini, selain dari tindakan taat kepada hukum, dimana hal mendasar tersebut dapat dihasilkan oleh orang-orang Kristen, hal tersebut adalah krisis karakter dan kasih diantara masyarakat dan bangsa ini.

 

Krisis Di Dalam Bangsa

Jawaban yang diberikan oleh kakak KTB saya memang cukup beralasan. Jika kita melihat kondisi bangsa kita di dalam berita di televisi, koran, ataupun situs berita, maka kita akan menemukan tiada hari tanpa berita mengenai penangkapan pelaku korupsi, perampokan, pembunuhan, perkosaan dan berbagai macam berita buruk lainnya. Bahkan saat ini sangatlah sulit untuk mencari teladan di dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat ini. Bangsa ini mengalami krisis dalam hal karakter yang jujur dan berintegritas. Di tengah kondisi bangsa ini, masyarakat kita juga sedang mengalami krisis kepercayaan. Masyarakat saat ini sulit untuk dapat percaya kepada orang lain, bahkan cenderung melihat orang lain dengan pandangan curiga. Mereka terlalu seringnya mengalami kekecewaan karena sikap dari para politikus, pemerintah, bahkan dari orang-orang yang mereka percayai. Masyarakat kita juga cenderung menjadi egois, sehingga kasih diantara mereka menjadi semakin hambar. Masyarakat kita butuh orang-orang yang dapat dipercayai dan penuh dengan kasih.

 

Dampak Pemuridan

Lalu apa hubungannya pemuridan dengan kebutuhan bangsa ini? Bill Hull dalam bukunya, Choose The Life,  mendefinisikan pemuridan sebagai sebuah proses transformasi karakter untuk menjadi semakin serupa dengan Kristus. Dalam proses ini Kristus menjadi pokok tujuan dan standarnya. Proses pemuridan ini akan menghasilkan pribadi-pribadi yang telah mengalami transformasi di dalam aspek pikiran, karakter, relasi, pelayanan dan kuasa pengaruh (kepemimpinan). Kelima transformasi ini akan membentuk setiap orang yang dimuridkan menjadi pribadi dengan karakter yang sangat berbeda dari dirinya di masa lalu, dan dari orang-orang disekitarnya, yang tidak mengenal dan hidup di dalam Allah.

Akan tetapi, dampak dari proses pemuridan ini bukan hanya dirasakan oleh murid itu sendiri, melainkan orang-orang yang ada disekitarnya. Hal ini sungguh sangat mungkin untuk terjadi, karena kelompok pemuridan merupakan sebuah kelompok yang transformasional, dimana transformasi itu dimulai di dalam dan melalui Kristus, kemudian akan berdampak pada diri murid itu sendiri, kemudian berdampak kepada komunitas tempat murid tersebut hidup, sampai kepada masyarakat sekitar dan serta bangsanya.

 

Gerakan Pemuridan Dan Transformasi Bangsa

Orang-orang dengan karakter yang telah ditransformasikan inilah yang dibutuhkan oleh masyarakat dan negara kita. Orang-orang yang tidak hidup untuk dirinya sendiri, melainkan hidup untuk membawa kebaikan bagi sesamanya dan demi kemuliaan Allah. Orang-orang seperti inilah yang bisa menjadi teladan dan memberi harapan akan hidup baik dan benar. Orang-orang yang penuh kasih dan ketulusan terhadap sesamanya. Dengan melihat akan hal ini, maka jawaban yang diberikan oleh kakak KTB saya di atas menjadi masuk akal dan menjadi solusi yang efektif bagi bangsa ini. Proses ini akan menjadi lebih efektif lagi jika proses transformasi itu terjadi di dalam masa mahasiswa, masa dimana mereka membentuk konsep dan cara pandang diri terhadap segala sesuatu. Di dalam masa pencarian jati diri ini, kita membawa mereka bertemu dengan Kristus secara pribadi, kemudian memandu mereka untuk menjalani hidup bersama Kristus dan menjadi semakin serupa dengan Kristus. Membentuk cara pandang mereka dengan cara Kristus melihat dunia ini. Sehingga mereka dapat melihat dunia yang sudah rusak ini dengan penuh pengharapan akan janji pemulihan yang Kristus berikan, serta pemahaman dan kesadaran akan peran diri dalam proses pemulihan dunia ini. Transformasi hidup yang semakin serupa dengan Kristus ini akan membentuk mahasiswa Kristen bukan hanya menjadi sarjana yang tinggi imannya saja. Melainkan juga menjadi sarjana yang tinggi imannya kepada Allah, dan tinggi pengabdiannya kepada misi Allah dan juga kepada kesejahteraan sesama. Sehingga pemuridan yang kita kerjakan bukan hanya bagi diri murid itu sendiri, melainkah juga bagi sesama, bagi bangsa Indonesia, dan bagi kemuliaan Allah.

(*Penulis melayani pelayanan mahasiswa di kota Malang)

PEMURIDAN MAHASISWA BAGI TRANSFORMASI BANGSA

Foto Kamp Nasional Mahasiswa 2010


Topik Terkait :
Hai Intelektual Kristen, Dimanakah Kuasamu?
JIKA ANDA SEORANG MURID
Mencipta Budaya Melalui Pemuridan
Student Today Leader Tomorrow
Persekutuan Mahasiswa Kristen dan Visi Keterlibatan lnjili dalam Pergumulan Dunia
0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

| Find Us on Facebook  

Loading
LENGKAPI DATA ANDA

BERITA
Surat Doa Banyuwangi, Mei-Juni 2017
21-06-2017, Dibaca: 5 kali
Surat Doa Papua, Mei-Juni 2017
21-06-2017, Dibaca: 6 kali
Surat Doa Mojokerto, Mei-Juni 2017
21-06-2017, Dibaca: 7 kali
Surat Doa Mataram, Mei-Juni 2017
21-06-2017, Dibaca: 4 kali
Surat Doa Jember, Mei-Juni 2017
21-06-2017, Dibaca: 4 kali
Surat Doa Kediri, Mei-Juni 2017
21-06-2017, Dibaca: 6 kali
Surat Doa Malang, Mei-Juni 2017
21-06-2017, Dibaca: 7 kali
Lihat Semua Berita >>


1054976

Saat ini ada 26 tamu dan 0 online user
KOMENTAR TERBARU
Saya ingin memesan Buku ...
   BOWO, 2016-04-03 22:32:16
Sebarkan Apinya...
   Mas Ucup, 2014-05-08 13:01:16
next generation...
   ronal, 2011-11-30 15:21:27
foto......
   Akhung, 2011-10-31 13:25:09
:)...
   intha, 2011-10-31 10:57:53