Email: Password:   Lupa Password?
Perkantas Malang : Tanggap Bencana Kelud dan Komunitas Advokasi Lingkungan Hidup
oleh Perkantas Malang: 07-05-2014, Dibaca: 1195 kali

Dengan segenap hati kami memuji Tuhan untuk segala berkat yang Ia berikan untuk pelayanan di Perkantas Malang. Beberapa bulan ini kami sungguh belajar banyak tentang pertolongan Tuhan, tentang kemurahanNya dan kebaikanNya. Bukan hanya dari firman tetapi juga dari pengalaman bersama dengan Tuhan, melalui beberapa kegiatan yang kami jalani beberapa bulan ini.

Bersyukur  Tuhan memberikan kesempatan kepada kami untuk turut ambil bagian membantu  korban bencana Kelud. Mulai dari hari Jumat, 14 Februari kami mulai terlibat dengan mengirimkan bantuan ke GKJW Sindurejo, Kecamatan Wates. Kemudian hari Minggu, 16 Februari bisa mengirimkan sekitar 21 mahasiswa dan juga bantuan ke posko pengungsi di Kasembon. Pada saat yang sama lima orang teman berangkat ke Sugihwaras untuk membantu distribusi makanan dan membersihkan gereja di sana.  

Tanggap Darurat Bencana Kelud : Dapur Umum di Pandansari

Tanggap Darurat Bencana Kelud : Dapur Umum di Pandansari

Selanjutnya di hari Sabtu, 22 Februari dilakukan pengiriman bantuan berupa bahan bangunan ke desa Sugihwaras untuk membantu perbaikan rumah warga gereja yang rusak. Sore harinya ada 21 siswa-mahasiswa yang berangkat ke desa Pandansari untuk membantu membersihkan desa dari material vulkanik dan juga mengantarkan bantuan sebanyak 1 truk. Di hari yang sama lima orang teman berangkat ke Pare untuk membantu Perkantas Pare yang kekurangan tenaga relawan dan juga mengantarkan bantuan logistik ke sana. Terakhir pada hari Sabtu, 1 Maret lalu bantuan berupa kasur dan bantal dikirimkan untuk desa Pandansari, Ngantang. Sungguh semua hal itu bisa dilakukan hanya oleh pertolongan dan kemurahan Allah yang menggerakkan pribadi-pribadi maupun lembaga-lembaga untuk mempercayai Perkantas Malang dalam menyalurkan bantuan baik berupa barang maupun dana. Beryukur melalui misi ini bisa memberikan pembelajaran kepada siswa-mahasiswa binaan untuk memiliki hati misi dan kepeduliaan sosial.

pelayanan anak di SDN Banturejo, Ngantang

Pelayanan anak di SDN Banturejo, Ngantang

 

 Doakan, untuk follow up lanjutan dari misi ini. teman-teman mahasiswa bekerja sama dengan Yayasan Charis dan Malang Youth Center akan kembali terjun ke desa Pandansari untuk membantu pembersihan rumah warga dan mengadakan kegiatan bagi anak-anak guna menaikkan moral dan semangat mereka pasca bencana.

 

 Kami juga bersyukur untuk keterlibatan i dalam menjaga lingkungan terutama di daerah hulu sungai Brantas. Pada 2 maret, Komunitas Advokasi Lingkungan Hidup (KALI), komunitas lingkungan binaan Perkantas Malang, kembali menggerakkan mahasiswa untuk menghijaukan hulu sungai Brantas, tepatnya di desa Sumber Brantas, Dusun Lemah Putih, Junrejo Batu. Sekitar 70 mahasiswa dari berbagai kampus, dengan didukung oleh LSM Pusaka, menanam 300 jambu merah, di desa ini. Harapan kami, melalui penanaman ini kami bisa mencapai dua hal, pertama pelestarian hulu sungai brantas, dan memberikan solusi ekonomi di masa depan bagi masyarakat disekitar hulu brantas. Kami bersyukur untuk keterlibatan mahasiswa dalam gerakan ini baik dalam doa, daya dan dana. Tak hanya itu kami bersyukur untuk kecukupan dana sehingga misi ini dapat berjalan dengan baik. Doakan tindak lanjut dari misi lingkungan ini, untuk perawatan tanaman yang ditanam, dan juga supaya tahun ini ada mahasiswa-mahasiswa yang bisa menjadi pengurus KALI, sehingga gerakan komunitas ini menjadi lebih efektif.

 pengijauan hulu sungai brantas

pengijauan hulu sungai brantas

Bersyukur pada, 9 Maret 2014, Persekutuan Kristen Alumni Malang, mengadakan seminar politik “Siapakah yang Aku Pilih?” dengan pembicara DR Victor Silaen. Seminar ini diadakan untuk memberikan edukasi politik sebelum pemilu berlangsung, dan juga menyemangati peserta untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik. Bersyukur untuk 120 peserta yang hadir dan antusias mengikuti kegiatan ini. Hal tersebut tampak dari semangat para peserta untuk bertanya dan juga keinginan mereka untuk memperpanjang sesi tanya jawab. 

 

Persekutuan Mahasiswa Kota Malang mengadakan Malam Doa Penginjilan dan Misi dengan tema “Mahasiswa yang Berdoa dan bergerak”, dengan pembicara DR Veronika Elbers,  pada 14 Maretn yang dihadiri oleh 65 mahasiswa . Juga bersyukur Puntuk Weekend KTB (Kelompok Tumbuh Bersama) yang diadakan PMKM , pada 12-13 April 2014. Doakan follow up dari kegiatan ini agar  penginjilan, pemuridan dan misi bisa digerakkan lebih efektif lagi.

 

Doakan Persekutuan Siswa Kota Malang yang sedang mempersiapkan Konser Doa Siswa pada 1 Mei yang akan datang.  Agenda ini bertujuan agar terjadi kegerakan doa yang luas di antara siswa. Kami sungguh menyadari bahwa tanpa kegerakan doa yang kuat maka tidak akan ada kegerakan penginjilan dan pemuridan yang kuat. Demikian juga doakan persiapan weekend alumni yang akan diadakan pada bulan mei mendatang.

 

 


Topik Terkait :
Promo Buku - GEBYAR HUT PERKANTAS KE 44
Surat Doa Malang, Maret-April 2017
Surat Doa Mojokerto, Maret-April 2017
Surat Doa Surabaya, Maret-April 2017
Malam Doa Alumni Surabaya - 17 Februari 2017
0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

| Find Us on Facebook  

LENGKAPI DATA ANDA

Kamp KTB 2010 : Good Shepher...
'Kami memuji kebesaranMu, Ajaib Tuhan,Ajaib Tuhan'. Petikan lagu ini menggambarkan apa yang kami alami selama Kamp KTB 2010. Bersyukur kepada Allah kita yang memberikan kepada segenap panitia dan pese...
Seminar Self Development...
Good Shepherd In Discipleship Movement, Seminar Self Development, 20-21 Maret 2010, Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya,Pembicara Yudit Lam, M.Div....
Lihat Semua Kegiatan >>


1028647

Saat ini ada 94 tamu dan 0 online user