Email: Password:   Lupa Password?
HEADLINE - SURABAYA
Paskah Perkantas Surabaya 2017
Paskah Perkantas Surabaya 22 April 2017 Pukul 17.30-21.00 WIB di GKI Pre...
Berita dan Pokok Doa Pelayanan Perkantas Surabaya Mare
alah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjan...
Informasi Pelayanan Siswa dan Mahasiswa Perkantas Sura
Sungguh besar anugerah dan kesetiaan-Nya bagi pelayanan yang dikerjakan ...
FACING THE GIANTS - Retret Gabungan Siswa Mojokerto
Bersyukur untuk kesempatan mengadakan Retret Gabungan Siswa Mojokerto da...

Regional Surabaya

Pelayanan Perkantas di Surabaya dimulai pada tahun 1973, dengan diutusnya Bpk. Iman Santoso ke Surabaya dari Perkantas (Jakarta). Pelayanan ini dirintis atas kerjasama Perkantas dengan Universitas Kristen (UK) Petra untuk mengajar kuliah-kuliah agama di universitas tersebut.

Pada enam bulan pertama, melalui kerjasama dengan
Badan Kerjasama DGI-GMKI, Bpk. Iman ditempatkan oleh Universitas di Student Center GMKI, Jl. Tegalsari 62, Surabaya. Selain itu Bpk. Iman juga melayani sebagai tenaga kerohanian untuk GMKI Surabaya, khususnya pada tahun 1973.
Persekutuan mahasiswa dimulai dengan kelompok PA di rumah Pdt. Obaja (Pdt. Em. GGS) di Jl. Pregolan Bunder. Kemudian, ada kerjasama dengan seorang alumni FES (Perkantas Malaysia), Chan Ying Lock yang selama beberapa waktu ditempatkan perusahaannya untuk bekerja di Surabaya.

Persekutuan mahasiswa menjadi semakin berkembang setelah dilaksanakan di rumah Bpk. Iman di perumahan dosen UK Petra di Jl. Panglima Sudirman 73, Surabaya.


Persekutuan kampus yang pertama di Surabaya, adalah di UK Petra, yang dirintis Pak Iman bersama Ibu Lea dan berkerja sama dengan Bpk Herlianto yang pada waktu itu mengajar di Fakultas Teknik Arsitektur. Anggota persekutuan yang mula-mula adalah Bpk. Pius, Petrus (Tjoen Gwan), Rudy Lilananda, dan Lydia Tantri. Sementara itu pelayanan di Universitas Airlangga dilakukan oleh Ibu Dian Anggraini yang sempat dilayani oleh Bpk. Iman Santoso. Kemudian pelayanan berkembang ke kampus-kampus lain, seperti IKIP Surabaya dan ITS.


Surabaya merupakan kota kedua di Indonesia yang dilakukan perintisan pelayanan mahasiswa oleh Perkantas setelah Jakarta. Dalam perkembangan awal Perkantas ke berbagai kota, Surabaya mempunyai peran yang sangat penting. Melalui kerja sama yang erat dengan Jimmy Kuswadi (staf Perkantas pertama di Jakarta), Bpk. Iman Santoso dengan basis Surabaya berkeliling ke kota-kota perguruan tinggi di Jawa, dan mengundang para mahasiswa mengikuti Kamp se-Jawa pertama di Cipayung, Jawa Barat pada tahun 1973 (Kamp berikutnya ruang lingkupnya lebih luas lagi, meliputi luar Jawa yang dilaksanakan di Ciloto pada tahun berikutnya 1974).


Karena Jimmy Kuswadi hanya beberapa tahun saja di Indonesia (kemudian kembali ke Australia), dan staf senior Perkantas berada di Surabaya, praktis pengembangan pelayanan-pelayanan nasional, seperti: perintisan dan peneguhan persekutuan mahasiswa di kota-kota banyak dikerjakan dari Surabaya. Begitu pula kamp-kamp nasional. Bpk. Iman dan Ibu Lea banyak melakukan
travelling ke kota-kota di Indonesia untuk merintis dan mengembangkan pelayanan Perkantas. Badan Pengurus Umum (BPU) Perkantas tetap di Jakarta, dengan stafnya ibu Linda Gandawinata (yang melakukan pemuridan) dan kemudian Paul Hidayat terlibat untuk menangani literatur.

Kamp Nasional tahun 1975 yang dilaksanakan di Pacet dikoordinasi oleh Perkantas Surabaya. Kamp Nasional berikutnya (1976) dilaksanakan di Semarang. Sesudah itu di Kopeng, Jateng pada tahun 1978.


Selain Kamp Nasional, Perkantas juga mengadakan Kamp Kepemimpinan (KK) Nasional. KK yang pertama dilaksanakan di Nongkojajar, Jatim, pada tahun 1976. KK yang kedua dilaksanakan di Lembang, Jawa Barat pada tahun 1979. Di Kamp Kepemimpinan ini beberapa orang menyerahkan diri untuk melayani mahasiswa secara fulltime. Mereka adalah Mangapul Sagala, Agustinus Titi, dan Tadius Gunadi. Semua kamp-kamp ini dalam pengembangannya dilaksanakan oleh staf senior yang juga koordinator staf Nasional yang berdomisili di Surabaya.


Untuk kegiatan yang bersifat internasional, karena koordinator staf (yang kemudian disebut Pemimpin Umum) berada di Surabaya, maka berbagai konferensi IFES juga dikoordinasi dari Surabaya. Pak Iman Santoso kerap diminta berbicara dan memimpin di berbagai konferensi East Asia Regional Conferences ataupun konferensi Nasional negara lainnya (seperti di Jepang, Filipina dll). Namun pengembangan dan pembuatan bahan-bahan PA tetap dilakukan di Jakarta. Bahan PA pertama yang dibuat adalah Memulai Hidup Baru yang ditulis oleh Ibu Lea Santoso dan Jimmy Kuswadi pada tahun 1973. Sedangkan pengembangan pelayanan pemuridan beserta bahan-bahannya, dilakukan di Surabaya. Di kota ini pulalah dikembangkan sistim Siklus Pelayanan: Penginjilan, Pemuridan, Pelipatgandaan & Pengutusan. Pemuridan dengan berbagai bahan pembinaannya, ternyata banyak menolong dalam meneguhkan hidup kerohanian dan pelayanan mahasiswa.



Pada tahun 1979-1983 Bpk. Iman dalam rapat BPU Perkantas di Jakarta, ditetapkan sebagai Pemimpin Umum (PU) Perkantas yang pertama, setelah beberapa tahun menjadi koordinator staf Perkantas.


Pada tahun 1980-1981, dalam rangka ``sabbatical leave,`` Bpk Iman dan Ibu Lea melanjutkan studi di Asian Theological Seminary, di Filipina untuk program M.Th. Sekembalinya dari Manila (1981), untuk mengoptimalkan koordinasi dan pengembangan Perkantas yang sudah amat meluas itu, Bpk. Iman dan Ibu kembali ke Jakarta untuk mengembangkan Kantor Nasional Perkantas (1981-1983) dan Komite Lokal (yang kemudian diganti dengan nama Badan Pengurus Cabang = BPC) di 6 wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia.


Sebelum kembali meninggalkan Perkantas untuk studi di USA, Bpk. Iman dan Ibu sempat menyaksikan bahwa doa mereka bersama rekan-rekan sepelayanan di Surabaya pada tahun 1973 di jawab oleh Tuhan. Doa mereka yaitu bahwa dalam waktu 10 tahun (1973-1983) pelayanan mahasiswa telah berkembang di 25 kota. Terpujilah Tuhan yang mengerjakan semua pekerjaan ini.


Tuhan sudah mencurahkan berkat yang amat besar di Perkantas Surabaya dalam tahun-tahun yang lalu. Dalam periode awal banyak pergumulan berat
(breaking the ground) yang harus dihadapi. Tapi anugerah Tuhan luar biasa. Sekarang banyak penggerak persekutuan pemuda gereja-gereja, pengembangan sistim pembinaannya, bahkan kemudian majelis di banyak gereja berasal dari persekutuan-persekutuan siswa dan mahasiswa. Dalam kemurahan-Nya, penggerak dan para pemimpin terus berkembang sampai masa sekarang. Biarlah kita semua terus memohon anugerah-Nya yang lebih lagi bagi pengembangan kerajaan-Nya melalui hamba-hamba-Nya, secara khusus di Perkantas Surabaya dan Jatim di tahun-tahun yang akan datang. Soli Deo Gloria!

 

BADAN PENGURUS CABANG

  • Dr. Ivanna Sajogo (Ketua)
  • Jahja Setiawan, S. E (Wakil Ketua)
  • Djoko Mulyono (Sekretaris)
  • Dra. Mei Herawati (Bendahara)
  • Dra. Supit Bahlava


STAF SENIOR

  • Harry Limanto, M.Div
  • Dra. Iis Achsa, S.Th, M.K

 

PEMIMPIN CABANG 

Milhan Kahandik Santoso, S.Psi.

 

WAKIL PEMIMPIN CABANG 

Akhung Berithel Ina, S.T.


STAF PELAYANAN SISWA

  • Eri Iwantoko SIP.,  M.Div
  • Wahyu Dwijayati, S.K.M, M.Div
  • Marlia Ernawati S.E., M.Div
  • Robin Ignatius Chandra, S. Psi


STAF PELAYANAN MAHASISWA

  • Anton Katobba Mapandin, S.P, M.Div
  • Anggriady Ricky Hermanto, S.T, M.Div
  • Isanna Arissa Muskananfola, S.S.
  • Akhung Berithel Ina, S.T.


STAF PELAYANAN ALUMNI

Harry Limanto, M.Div

 

STAF DEPARTEMEN

Departemen Konseling

  • Agung Kurniawan, M.Psi
  • Dra. Iis Achsa, S.Th. M.K
  • Rieka Intansari, M.Psi
  • Ekawaty Ranteliling, S.Psi


Departemen Literatur

  • Milhan Kahandik Santoso, S.Psi
  •  Ria Agustina, S.Kom


Departemen Multimedia dan Teknologi Informasi

  • Vionatha Lengkong, S.S.

 

STAF KANTOR

  • Didik Harijanto, S.H
  • Ester Oshin Aritonang, S.E
  • Vionatha Lengkong, S.S.

| Find Us on Facebook  

LENGKAPI DATA ANDA

Paskah Perkantas Surabaya 20...
Paskah Perkantas Surabaya 22 April 2017 Pukul 17.30-21.00 WIB di GKI Pregolan Bunder Surabaya, Tema “MELAINKAN DENGAN DARAH YANG MAHAL” Oleh Ev. Harry Limanto, M.Div....
Evangelism Training and Gath...
Evangelism Training and Gathering PKK-CPKK, 11 Maret 2016, Pukul 10.00-15.00 WIB &12 Maret 2016, Pukul 14.00-16.00 WIB di Tenggilis Mejoyo KA 10 Surabaya, Cp: Ria (0852 5080 0088)...
Kamp Kelompok Tumbuh Bersama...
Kamp Kelompok Tumbuh Bersama (KTB) Surabaya, 3-5 Februari 2017, Tempat Villa Dharmaningsih, Pacet Mojokerto, Pembicara Dr. Iman Santoso, Ev. Anggriadi Ricky M.Div, Ev. Anthon Kathoba M.Div, Akhung Ber...
Student Fellowship...
Ayo bergabung dengan siswa-siswa di Surabaya dalam "Student Fellowship", pada saat ini mengambil tema "Kebangkitan Yesus Fakta atau Fiksi??" dengan pembicara Ev. Marlia Ernawati, M.Div. pada tanggal 3...
Lihat Semua Kegiatan >>


978807

Saat ini ada 56 tamu dan 0 online user