more"/> more">
“BANGSAKU DALAM DOAKU” - Hari Doa Puasa Nasional (HDPN)
Last Updated : Sep 06, 2019  |  Created by : Administrator  |  174 views

Surabaya-BATAM- Jember-Kediri- PARE-Tulungagung-Mataram-Mojokerto

Dalam rangka HUT kemerdekaan RI pada bulan Agustus 2019 seluruh komponen Perkantas se-Indonesia mengadakan Hari Doa dan Puasa nasional Indonesia. Kegiatan ini mengambil tema besar “ Bangsaku Dalam Doaku “ bertujuan agar semua komponen bersatu hati peduli dan mendoakan kondisi Bangsa dan Negara saat ini, dalam kegiatan ini persembahan secara nasional dikumpulkan untuk diberikan dalam rangka pengadaan Rumah Baca di Yahukimo~ Papua. Berikut liputan dari beberapa kota di Perkantas Regional Jawa Timur.

 

HDPN Surabaya

Diadakan pada Hari Sabtu, 24 Agustus 2019 acara ini diikuti oleh sekitar 120 peserta yang terdiri dari komponen siswa, mahasiswa dan alumni. Pmbicara pada acara HDPN kali ini adalah Dr. Prabawa Eka Soesanta, S.Sos., M.Si., beliau adalah Direktur Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan. Beliau banyak menyampaikan tentang bagaimana kita harus mengerti sejarah dari terbentuknya negara kita Indonesia karena dengan mengetahui sejarah kita akan mengerti bagaimana kita harus mencintai negara kita dengan benar dan bukan mencintai dengan sembarangan. Sebelum mengakhiri acara diadakan doa secara berkelompok, dalam kelompok-kelompok diadakan sharing yang berkaitan dengan komitmen setiap peserta setelah mengikuti acara HDPN. Di akhir acara tiap peserta juga dibagikan pokok doa yang akan didoakan selama 30 hari sebagai bentuk kerinduan kita untuk mendoakan bangsa ini.  ( Gomez)

HDPN BATAM

Bersyukur untuk Hari Doa Puasa Nasional Minggu 25 Agustus, yg dihadiri 21 mahasiswa dan alumni di rumah kediaman keluarga Bapak Heryenzus. Melalui renungan tentang Habakuk yang memohon kepada Tuhan dengan penuh belas kasihan untuk bangsanya. Mari kita juga terus berdoa untuk bangsa dan negara kita. Dengan semangat “Doakan apa yang kamu kerjakan, kerjakan apa yang kamu doakan”.(K Julio)

HDPN Jember

Diadakan pada 23 Agustus 2019 dengan tema I Pray YOU 3000. Tema ini diambil dengan maksud untuk kembali menggairahkan kehidupan doa bagi bangsa Indonesia di antara mahasiswa. Rangkaian HDPN dimulai dengan puasa dan rally doa (doa secara bergantian) dari pukul 06.00-15.00 di Rumah Persekutuan Perkantas Jember. Pokok doa meliputi banyak pergumulan Indonesia dari berbagai aspek. Peserta yang terlibat dalam rally doa sebanyak 18 orang dalam waktu 9 jam rally doa. Ibadah Persekutuan Doa sendiri diselenggarakan sore harinya pada pukul 17.00 WIB, dengan dilayani Ev. Nora J. A. Hutagalung, sebagai pemberita Firman Allah. Ev. Nora mengajak peserta persekutuan doa (dengan kehadiran 25 orang) untuk menghayati nasihat Paulus dalam 1 Timotius 2:1-3. Kiranya setiap kita semakin tekun membangun kehidupan doa yang sungguh-sungguh atas bangsa ini, dan mau mengambil peran untuk membangun dan memajukan Indonesia melalui setiap bidang yang Tuhan percayakan.(Dowin)

 

HDPN Kediri

Diadakan pada 25 Agustus 2019 di rumah persekutuan Kediri, acara yang  dihadiri 20 orang ini dimulai dengan acara buka puasa bersama. Melalui renungan yang disampaikan oleh Kak Juni Krisman Z, S.Th. menjelaskan sejarah perjalanan orang Israel sampai berada di pembuangan dan apa saja yang harus mereka lakukan di pembuangan, yaitu tetap berdoa untuk kota itu.  Diakhir acara, kami bersama-sama berdoa dengan pokok doa yang sdh disiapkan Tim Nasional.( Septi)

HDPN Pare

Diadakan pada 31 Agustus 2019 di GBI Pare dan dihadiri 76 siswa. Acara di mulai pukul 11 siang dengan pembawa Firman Pdm. Simeon, S.Th. Setelah acara ibadah berakhir kami panitia dibantu oleh beberapa peserta membagikan nasi bungkus kepada orang-orang yang membutuhkan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap orang orang miskin. Selain itu tujuan kami membagikan makanan adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan kepekaan panitia dan adik adik binaan  terhadap lingkungan sekitar mereka. (Daniel)

HDPN Tulung Agung

HDPN siswa Tulungagung kali ini terasa istimewa karena dilaksanakan bersamaan HUT PSKT (Persekutuan Siswa Kristen Tulungagung) dan KATA (Kebaktian Awal Tahun Ajaran). Acara ini  diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan dan dilanjutkan dengan Firman dari kak Johan( Staf Jember)  yang diambil dari Kitab Ester mengenai kerelaan Ester untuk siap berkorban dan bertindak demi nasib Bangsa Yahudi waktu itu. Inti dari Firman yang disampaikan Kak Johan kepada 37 siswa yang hadir adalah, bahwa kita pun masing-masing memiliki peran dalam bangsa ini, mulai dari hal sederhana yang bisa kita lakukan. Setelah berdoa bagi bangsa secara berkelompok, acara dilanjutkan dengan perayaan ulang tahun PSKT yang diisi dengan talkshow yang membahas mengenai apa itu PSKT, apa saja kegiatan PSKT, apa itu KTB, apa dan bagaimana PI selama ini, perubahan yang dialami sebelum dan sesudah KTB, dan harapan untuk pelayanan PSKT ke depan. ( Danik)

 

HDPN Mataram

Diadakan pada 29 Agustus 2019, acara ini dihadiri 22 orang mahasiswa, siswa dan staf. Pembicara Kak Dwi Retno dari komponen Alumni mengajak kami terus menerus tidak berhenti untuk mendoakan kondisi Bangsa dan Negara saat ini. Diakhir acara kami berdoa bersama dalam kelompok-kelompok.( Ida)

HDPN Mojokerto

Diadakan hari Sabtu, 3 Agustus 2019. Acara yang diadakan di aula GKI Gajah Mada Mojokerto ini dihadiri 35 orang. Kak Candra Putra yang menjadi pembicara HDPN ini mengingatkan kepada siswa-siswa pentingnya menjadi saksi Kristus di tengah bangsa ini. Dengan permasalahan bangsa yang sangat kompleks saat ini bukan berarti jadi tanggung jawab pemerintah saja. Dengan tema "Bersaksi Bagi Kristus" peserta dimotivasi meski masih remaja, mereka bisa berkontribusi melalui doa untuk bangsa, melalui kerelaan mereka dibina dengan baik untuk kaderisasi kepemimpinan ke depan. Juga melalui kesaksian mrk tentang Injil yang membawa orang pada pertobatan. Karena itu usai acara doa,  siswa dilatih bersaksi secara sederhana dengan metode gelang dan metode jembatan keselamatan. Berharap berita Injil juga terus disaksikan kepada teman-teman mereka.(Wahyu D)


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES